3 Cakupan Kerja Jasa Kontraktor Rumah Yang Perlu Diketahui Klien

14
Oct 2023
Author : Joko
Views : 59x

Jasa kontraktor rumah alparsa – Membangun hunian idaman memang tak bisa dilakukan sembarangan. Untuk itu, Anda yang tak memiliki keahlian disarankan menyewa layanan profesional seperti jasa kontraktor rumah. Tak hanya berpengalaman membangun properti, mereka juga akan membantu dalam menentukan anggaran hingga material yang layak digunakan.

jasa kontraktor rumah mewah

Di sisi lain, Anda sebagai klien perlu tahu jenis layanan dan cakupan kerja yang ditangani jasa kontraktor. Karena beda kemampuan, beda juga hasil yang akan diterima.

Pekerjaan jasa kontraktor rumah alparsa

Kontraktor secara garis besar adalah perorangan atau badan hukum yang diandalkan dalam pelaksanaan pekerjaan sesuai kontrak yang disepakati. Pekerjaan mereka pun biasanya dibatasi biaya, waktu penyelesaian, dan hal-hal lain dalam perjanjian. Untuk tempat tinggal, misalnya, pihak kontraktor akan mengawasi pembangunan hunian mandiri maupun perumahan.

Kontraktor akan mendapatkan proyek lewat dua cara. Satu, ditunjuk pemilik proyek untuk menangani pembangunan. Dua, dari lelang yang diselenggarakan pemilik proyek bersangkutan. Pada pelelangan pun kontraktor yang memenangi proyek berhak mengajukan harga hingga poduk yang dipakai. Hal ini ditujukan untuk memenuhi kriteria yang telah diberlakukan pemilik proyek.

Di Indonesia, kontraktor sering kali disebut sebagai pemborong. Padahal, kedua profesi tersebut mempunyai perbedaan. Orang-orang yang menyediakan jasa kontraktor rumah akan mengerjakan pemesanan sesuai kontrak tertulis. Sementara mereka yang menyebut dirinya pemborong hanya mempunyai perjanjian lisan.

Hal lain yang membedakan kontraktor dengan pemborong adalah bentuk badan hukumnya. Jasa kontraktor umumnya selalu berbadan hukum. Berbeda dengan pemborong yang bisa bekerja tanpa berada di bawah lembaga tertentu.

Cakupan kerja utama jasa kontraktor

Berdasarkan Canadian Home Builders’ Association, Anda sebagai klien dianjurkan memeriksa jasa kontraktor secara menyeluruh. Entah untuk jasa renovasi rumah maupun pembangunan hunian baru. Dalam hal ini, Anda dapat memeriksa cakupan kerja utama mereka yang mencakup:

  • Desain bangunan

Penentuan desain dilakukan di tahap awal, bersamaan dengan pemilik proyek saat survei lahan. Pihak kontraktor akan memberikan desain bangunan mendetail. Misalnya untuk desain interior dan eksterior hingga fasilitas. Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan maupun bujet yang tersedia.

  • Jenis material bangunan

Memasuki tahap ini, pihak kontraktor bertanggung jawab melakukan pembersihan lahan, penggalian tanah untuk pondasi, hingga pembuatan sumur resapan. Jika diperlukan, mereka akan menggunakan macam-macam alat berat, terutama untuk hunian skala besar.

  • Renovasi atau remodeling

Setelah itu, kontraktor akan menjalankan renovasi atau remodeling yang mencakup perbaikan dan pembongkaran bangunan. Mereka juga akan merekomendasikan perombakan terhadap interior dan eksterior rumah, meliputi fasilitasnya, sesuai hasil diskusi dengan pemilik hunian.

Demikian pengertian dan cakupan kerja yang ditangani jasa kontraktor rumah. Setelah mengetahui informasi ini, Anda diharapkan lebih lancar menangani pembangunan sampai hunian impian dapat langsung dihuni.

No Comments

Leave a Comment

 

Informasi Lebih lanjut? Silahkan Chat