Estimasi Biaya Bangun Rumah per Meter Yang Perlu Anda Ketahui !

Pasti banyak dari Anda yang masih kebingungan, ketika harus memperkirakan biaya bangun rumah per meter. Kebingungan ini masih dirasa wajar karena, tidak banyak yang membahas serta, kurangnya informasi akan hal-hal seperti ini. Yang jelas ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik, untuk memperoleh estimasi biaya bangun rumah secara tepat, antara lain :

Luas bagunan 

Pertama adalah perhatikan berapa luas bangunan yang akan Anda buat kali ini. Perhatikan dan hitung dengan baik. Agar kelak Anda tidak akan mengalami over budgeting ketika menghitung biaya bangun rumah per meter tersebut. 

Material yang akan digunakan 

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah memperhatikan harga rata-rata material bahan bangunan yang akan digunakan. Sebaiknya cek material dengan kualitas rendah, standar dan juga kualitas tinggi. 

Selain itu, cek juga berapa estimasi jumlah material yang akan digunakan dalam membangun rumah. Misalnya, berapa jumlah cat yang akan digunakan untuk mengecek keseluruhan rumah Anda, dan yang lainnya. 

Sistem upah 

Adapun sistem upah yang umumnya digunakan ketika akan membangun rumah adalah sistem borongan. Namun, yang perlu diperhatikan disini adalah, sistem borongan seperti apa yang akan Anda pilih. Mengingat ada 2 sistem borongan yang umum ditawarkan, yaitu sistem borongan upah, dan sistem borongan upah plus material. Yang dimaksud dengan material disini adalah, material yang akan digunakan dalam membangun sebuah rumah. 

Untuk upah borongan sendiri terbilang cukup beragam. Tentunya, hal ini akan disesuaikan dengan desain rumah atau tipe rumah yang akan dibuat kelak. Harga upah borongan untuk rumah tipe standar, menengah, dan atas tentunya berbeda-beda. 

Umumnya untuk upah tipe standar hanya mengerjakan pondasi batu kali, dinding dengan batu bata yang sudah selesai dengan menggunakan plester dari aci, ada juga lantai keramik menggunakan kualitas biasa, sudah menggunakan plafond gypsum dengan rangka kayu / hollow, serta sudah menggunakan rangka baja ringan atau bisa juga menggunakan rangka kayu. 

Untuk yang tipe atas, tentunya terbilang lebih lengkap dan detail. Demikian pula untuk penggunaan material. Rumah dengan tipe standar, akan menggunakan material yang juga standar. Sedangkan rumah dengan tipe atas, akan menggunakan bahan-bahan dengan kualitas terbaik. 

Sedikit saran untuk Anda, yang masih kebingungan dalam memperhitungkan estimasi biaya ini. Sebaiknya kunjungi penyedia jasa bangun rumah. Di tempat ini, Anda tidak hanya dapat memperoleh tenaga kerja yang profesional saja, namun juga ada fasilitas konsultasi akan biaya bangun rumah per meter yang sebaiknya dikeluarkan. Harga yang diberikan disini umumnya beragam, Anda dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan juga budget. Ini adalah cara terbaik, dan praktis untuk membuat rumah sesuai kebutuhan. 

Informasi Lebih lanjut? Silahkan Chat