Tips Menghitung Biaya Bangun Rumah Minimalis

Menghitung estimasi biaya bangun rumah minimalis, sebenarnya sama saja dengan menghitung biaya bangun rumah pada umumnya. Dimana ada beberapa hal yang harus diperhitungkan dan dipersiapkan dengan baik. Ulasan berikut, akan membahas tentang hal-hal yang harus diperhitungkan dalam membangun rumah dengan konsep minimalis. 

Tips Menghitung Biaya Rumah

Lokasi bangunan 

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam mengestimasi biaya bangun rumah adalah memperhatikan lokasi dimana bangunan tersebut berada. Misalnya saja di daerah perkotaan, di kawasan pinggiran atau di kawasan pedesaan. Membangun rumah di kawasan cluster dan non cluster, pastinya berbeda harga. Biasanya estimasi biaya bangun rumah di kawasan pedesaan dan non cluster, jauh lebih murah dibandingkan dengan yang lainnya.  

Luas bangunan 

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah berapa luas lahan yang Anda miliki saat ini, dan berapa luas bangunan yang akan dibangun. Kesalahan dalam mengatur luas bangunan dan luas lahan ini, akan membuat anggaran biaya bangun rumah jadi kacau, atau bahkan membengkak. Untuk itu, Anda perlu memperhitungkan dengan baik, dan seksama. Pastikan luas bangunan nyaman, dan dapat menampung seluruh penghuni rumah itu sendiri nantinya. 

Desain bangunan 

Umumnya orang akan membangun rumah dengan menggunakan arsitek sendiri, atau memperkirakan sendiri desain rumah yang akan dibangun. Sedangkan yang lainnya akan menggunakan jasa arsitek, dalam membangun sebuah hunian. Salah satu keuntungan dalam menggunakan jasa seperti ini adalah Anda akan memperoleh tidak hanya banguan namun juga hunian yang nyaman dan mampu memaksimalkan ruang yang ada dan sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. 

Umumnya jasa arsitek ini sudah bergabung atau dengan jasa bangun rumah atau jasa kontraktor. Sehingga proses desain dan bangun rumah nantinya jadi jauh lebih cepat, dan praktis. 

Biaya tukang 

Biaya lainnya yang perlu diperhitungkan, adalah biaya tukang bangunan. Saat ini ada 2 sistem jasa tukang bangunan yang ada, yaitu sistem harian dan sistem borongan. Yang dimaksud dengan sistem harian adalah tukang bagunan yang bekerja secara harian. Sedangkan tukang borongan adalah tukang bangunan yang bekerja dengan sistem diborong dengan skala tertentu, seperti per meter persegi. Umumnya dalam membangun rumah, orang akan menggunakan jasa pekerja secara borongan. 

Pembelian bahan baku

 Pembelian dan menghitung bahan baku adalah hal lainnya yang juga harus Anda perhitungkan. Sebaiknya, pilih bahan baku yang berkualitas dalam membangun rumah, agar rumah lebih awet dan juga nyaman untuk para penghuni rumah. Tapi pastikan, seluruh estimasi bahan baku yang akan digunakan tersebut sudah sesuai dengan budget yang akan dianggarkan kelak. Jangan sampai Anda over budgeting dalam membeli berbagai macam bahan baku tersebut. 

Biaya tidak terduga 

Siapkan juga dana sebagai antisipasi terhadap berbagai macam biaya tidak terduga, dalam hal ini biaya-biaya pembelian bahan atau yang lainnya, yang diluar perkiraan Anda. 

Agar anda praktis dalam membangun rumah dan hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut, termasuk didalamnya menghitung estimasi biaya bangun rumah, sebaiknya bekerja sama dengan jasa kontraktor terpercaya. Pihak penyedia jasa akan sepenuh hati membantu Anda dalam menghitung dan membangun rumah sesuai keinginan, pastinya dengan budget yang telah disesuaikan sebelumnya.  

Informasi Lebih lanjut? Silahkan Chat