Estimasi Biaya Borongan Bangunan Rumah Per m2 Untuk Desain Minimalis

Apakah Anda tertarik membangun rumah minimalis? Bingung biaya borongan bangunan rumah per m2? Banyak orang menganggap, harga bangun rumah minimalis selalu murah, apakah ini benar? Jika pertanyaan – pertanyaan ini muncul di kepala Anda, artikel ini akan berusaha menjawab-nya.

Rumah minimalis merupakan pilihan desain yang populer akhir – akhir ini. Banyak orang menganggapnya murah, bagus dan tentunya ringkas. Hal ini memang kelebihan dari desain minimali. Tapi berapa rata – rata harga membangunnya?

Model Rumah Golongan Minimalis

Kebanyakan rumah yang tergolong minimalis memiliki spesifikasi tipe 21, tipe 36, tipe, 45 dan tipe 60. Angka dari jenis rumah ini menggambarkan ukuran rumah dalam m2. Anda tentukan dulu besaran rumah yang akan dibangun. Ukuran rumah, belum tentu sama dengan ukuran tanah yang tersedia.

Bisa saja Anda punya tanah ukuran 60 m2 tapi ingin bangun rumah tipe 36 di atasnya. Hal ini tentu tidak masalah. Anda cukup melakukan estimasi biaya berdasarkan rumah yang dibangun. Untuk urusan taman yang nantinya dikelola, hal ini jangan dijadikan focus terlebih dahulu.

Estimasi Biaya Borongan

Setelah Anda tahu luas rumah yang akan dibangun, sekarang Anda tinggal menghitung berapa biaya borongan bangunan rumah per m2 yang akan digunakan. Untuk penghitungan estimasinya, ada dua hal yang mempengaruhi hal ini. Dua faktor tersebut adalah harga material dan harga tukang

Harga Material

Sebagai panduan, material rumah minimalis biasanya hanya menggunakan material lantai, dinding, pondasi, struktur, atap, kusen, jendela, pintu dan perabot tanam. Biasanya, semua material ini mencapai rata – rata 3,5 juta Rupiah per m2. Hal ini adalah hasil estimasi pasar material tahun 2020. Perlu diperhatikan hal ini bisa berubah tergantung dari kondisi ekonomi. Dari informasi rata – rata ini, Anda tinggal kalikan besaran tersebut dengan luas rumah yang akan dibangun.

Harga Tukang

Hal berikutnya yang harus dihitung adalah biaya tukang. Rata – rata besaran biaya ini dihitung berdasarkan berapa lama proses pembangunan berlangsung. Semakin besar rumah makin lama proses membangun akan selesai. Karena itu, harganya bisa melambung.

Rata – rata total harga tukang per harinya bisa mencapai 1,2 juta Rupiah per hari. Sedangkan tanggal deadline nantinya dihitung berdasarkan estimasi waktu kerja bisa selesai. Pastikan diskusikan target tanggal selesai bangun dengan pihak tukang untuk durasi waktu yang lebih jelas.

Berdasarkan hitungan tersebut, Anda harus menyiapkan uang sebesar 350 sampai 500 juta Rupiah untuk kebutuhan rumah minimalis sederhana di range tipe 36 dan tipe 45. Harga ini tentu bisa jadi patokan Anda, untuk menentukan budget yang diperlukan.

Patokan biaya borongan bangunan rumah per m2 di atas tentu bisa berubah. Jadi pastikan untuk melakukan konsultasi pada pihak yang profesional untuk hal ini. Jika ingin lebih pasti, gunakan jasa bangun rumah yang Anda percaya. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga bahasannya berguna bagi Anda!

Informasi Lebih lanjut? Silahkan Chat