Sebelum Menyewa Jasa Konstruksi Rumah, Cari Tahu 6 Hal Ini

Dalam pengerjaan konstruksi rumah yang rumit sebaiknya Anda gunakan Jasa Konstruksi Rumah, entah itu untuk merenovasi maupun membangun rumah. Pasalnya kontraktor ini sudah mengantongi sertifikasi resmi, di mana diketahui sebagai jasa profesional yang lebih dipercaya mengerjakan proyek properti skala besar yakni perkantoran dan apartemen.

Lalu, Bagaimana Cara Pilih Jasa Konstruksi yang Tepat?

Kontraktor yang nantinya Anda pilih tak hanya menentukan budget pembangunan hunian Anda, tetapi juga pada hasil akhir dari pendirian rumah. Untuk itu, Anda langsung cari tahu beberapa hal pada layanan konstruksi tersebut agar Anda tidak menyesal kedepannya.

  • Proyek yang Pernah Ditangani

Jasa konstruksi memang sudah diverifikasi secara resmi, tenaga kerjanya pun pekerja ahli yang mumpuni di bidangnya masing-masing. Tapi, Anda tetap harus sesuaikan profil proyek yang telah ditangani jasa konstruksi rumah itu dengan rancangan rumah impian Anda. Kalaupun sesuai, lihat kualitas dari hasil kerja layanan konstruksi tersebut.

  • Berapa Lama Pengerjaan Proyek

Sesudah menelusuri catatan kerja proyek kontraktor tersebut, jangan lewatkan untuk cari tahu apakah jasa ini menyelesaikan proyek tepat waktu, sesuai kurun waktu yang ada di perjanjian kontrak kerja. Apabila ada perpanjangan waktu, ketahui sebab tambahan waktu ini, apakah karena kondisi cuaca, kendala di lapangan, atau ketersediaan material yang minim. Masalah seperti ini masih bisa ditoleransi, tapi hindari jasa yang memperpanjang waktu disebabkan efisiensi kerja yang tidak optimal.

  • Sistem Perjanjian Proyek

Sebelum menjalankan proyek pembangunan rumah, kesepakatan perlu dilakukan melalui kontrak kerja atau perjanjian kerja. Adapun Hal-hal yang perlu disepakati yaitu harga, sistem pembayaran, konsekuensi pelanggaran perjanjian, lingkup pengerjaan proyek, dan jangka waktu proyek. Pastikan Anda paham perjanjian kerjanya dengan baik. Bila ada kausal yang sekiranya membingungkan atau merugikan Anda, jangan ragu bertanya maupun menuntut jasa renovasi tersebut.

  • Sistem Pembayaran

Secara umum untuk sistem pembayaran jasa renovasi rumah bekasi jasa kontraktor menggunakan 2 sistem, yakni sistem cost and fee atau melalui pembayaran bertahap atau termin. Perbedaan kedua sistem ini terdapat pada siapa yang menjadi penanggung jawab sebagai pengatur masa pembayaran dan pengelola proyek.

Ada empat tahapan pembayaran dalam sistem pembayaran termin. Di antaranya DP sebesar 20-30% dari total biaya, tahap berikutnya ketika proyek sudah selesai 50% sampai ke pelunasan akhir saat proyek telah rangkum semua. Sedangkan sistem cost and fee, pihak jasa yang mengendalikan seluruh pengelolaan keuangan proyek, di sini Anda cukup membayar dana yang ditentukan tiap bulannya.

  • Siapa Penanggung Jawab Pembangunan Rumah

Biasanya tim konstruksi biasanya akan melaporkan jalannya proyek pada penanggung jawab proyek. Karenanya, penting untuk Anda aktif berkomunikasi dengan orang tersebut. Kalaupun terjadi kendala, penanggung jawab ini yang menyampaikan langsung keadaan di lapangan. Adapun solusi dari permasalahan itu juga bisa dikonsultasikan dengan penanggung jawab proyek.

Agar hunian Anda dibangun dengan baik dan tidak membuat over budget, menggunakan jasa konstruksi adalah pilihan tepat. Untuk mendapatkan jasa yang sesuai ulasan di atas dapat Anda jadikan resume untuk memilih jasa konstruksi rumah terbaik.

Informasi Lebih lanjut? Silahkan Chat