Mengenali Penjelasan Tentang RAB, dan Tujuan dalam Pembangunan Rumah

Mengenali Apa Itu RAB, dan Tujuannya dalam Pembangunan Rumah
RAB (Rencana Anggaran Biaya)

Mengenal penjelasan apa itu RAB, dan Tujuan dalam Pembangunan Rumah di CV Alparsa.

Sebelum memulai proyek biasanya akan direncanakan sebuah RAB, banyak yang belum tahu apa maksud dari pembuatan RAB itu. Berikut penjelasannya :

Apa itu RAB?

Mengenal apa itu RAB. RAB adalah singkatan dari Rencana Anggaran Biaya yang diperlukan untuk memperkirakan keuangan, yang merupakan dasar untuk mengendalikan biaya proyek yang akan dieksekusi dan arus kas proyek. Pengembangan ini merupakan fungsi dari perkiraan biaya anggaran, arus kas, pengendalian biaya dan keuntungan proyek.

Pemilik proyek juga menggunakan RAB untuk bekerja sama dengan kontraktor yang membantu pembangunan, karena biasanya pemilik proyek tidak bisa mengandalkan tim internal saja. Pada dasarnya, RAB digunakan tidak hanya untuk keperluan internal, tetapi juga untuk penggunaan eksternal perusahaan.

Tujuan RAB

Tujuan RAB sangat penting untuk kesepakatan bersama. Tanpa membuat RAB terlebih dahulu, sangat mungkin terjadi pembengkakan biaya. pemborosan ini dapat terjadi karena ketidaksesuaian bahan bangunan yang dibeli dengan beban kerja, pengadaan peralatan yang tidak tepat, dan banyak kerugian lainnya.

Semua anggaran tersebut tidak boleh kurang dan tidak boleh berlebihan. Oleh karena itu, penyusun anggaran sebisa mungkin menyusun sesuai dengan kebutuhannya.

Faktor dalam RAB

RAB untuk setiap pekerjaan berbeda, jadi Anda tidak bisa hanya mengutip contoh RAB untuk pekerjaan di domain 1 ke pekerjaan di domain lain. Selain itu, bahkan untuk bidang yang sama, persyaratan khusus dari setiap pekerjaan tidak selalu akurat.

Contoh untuk RAB proyek perumahan, beberapa faktor – faktor dasar secara umum yang harus ada sebagai berikut.

  • Uraian Pekerjaan

Uraian pekerjaan biasanya berisi tentang detail proyek rumah yang akan dilakukan. Seperti pekerjaan persiapan, pondasi, struktur, pengurukan, dll.

  • Volume Pekerjaan

Volume pekerjaan adalah menghitung jumlah banyaknya dalam satu kesatuan yang akan digunakan dalam proyek rumah tersebut. Contohnya: 58 m3, 2.88 m2, 50 kg

  • Harga Satuan Pekerjaan

Bagian ini dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu harga jasa dan harga jasa serta materialnya. Cara perhitungannya adalah dengan mengalikannya dengan harga satuan pekerjaan.

  • Harga Keseluruhan

Bagian ini merupakan total dari seluruh upah pekerja dan material.

  • Total Upah Pekerja

Upah pekerja ini umumnya hanya digunakan untuk pekerjaan jasa konstruksi, yang diperoleh dari biaya per jam x perkiraan jam kerja x jumlah pekerja.

  • Satuan Unit

Satuan unit dalam bahan bangunan untuk rumah yang akan digunakan, seperti unit, batang, pasang, titik, meter, m2 (meter persegi), m3 (meter kubik). Tujuan memakai satuan unit agar mengetahui jenis bahan bangunan yang dibeli.

Contoh RAB CV Alparsa

Contoh RAB CV Alparsa

Jika Anda sudah terbiasa membuat rencana anggaran biaya (RAB), Anda akan memahami bahwa setiap anggaran yang ditetapkan oleh pemilik proyek terkadang tidak masuk akal. Hal ini dikarenakan pada saat menghitung RAB, total harga yang dihitung lebih kecil. Dengan RAB dan tujuan ini, akan membantu Anda mengontrol semua biaya proyek, dan tidak akan ada kesalahan saat membeli bahan atau material.

Demikian yang dapat kami sampaikan semoga bisa menambah wawasan anda. Jika anda ingin mengetahui lebih informasi tentang bangun rumah silahkan hubungi kami. Kurang lebihnya mohon maaf. 🙂

Wassalam

Admin

Informasi Lebih lanjut? Silahkan Chat