ALPARSA – HOME BUILDING
SHARE :

Perbedaan Bata Merah Dan Bata Ringan (Hebel)

4
01/2022
Kategori : info
Komentar : 0 komentar
Author : kokom komalawati


Apakah Anda berencana membangun rumah atau mau merenovasi rumah? Tapi bingung menentukan ingin menggunakan material apa untuk dinding rumah Anda ? Hal itu wajar. Sebagai pemilik rumah, tentu saja Anda menginginkan material terbaik. Bukan hanya itu, kecocokan pada desain rumah juga menjadi pertimbangan. Sehingga rumah bukan saja kuat, tapi juga indah dilihat. Untuk mengurangi kebingungan Anda, pada artikel kali ini akan membahas perbedaan bata merah dan bata ringan (hebel).

Bata merah atau bata ringan
www.alparsa.co.id

Dalam proses pembangunan rumah atau bangunan lainnya biasanya menggunakan bata merah sebagai pengisi dinding. Hingga saat ini bahan baku bata merah masih menjadi favorit masyarakat kebanyakan . Sudah banyak gempuran teknologi sipil dengan berbagai rekayasa konstruksi seperti salah satunya bata ringan atau yang sering disebut hebel. Bata merah masih lebih banyak digunakan karena sudah teruji kekuatannya dari pada bata hebel. Dan untuk mendapatkan bata merah sangat mudah ditemukan.

Beruntung jika Anda mengenal material batu bata, sehingga bisa memilih jenis bata dengan tepat. Namun, bagi Anda yang masih awam dengan material batu bata, Anda tentu bingung memilih batu bata mana, bata merah atau bata ringan (hebel)? Buat Anda yang masih bingung, simak sampai akhir perbedaan bata merah dan bata hebel ya..

Proses Produksi Bata Merah dan Bata Hebel

Terkait pembuatannya, bata merah diproduksi dari tanah liat dengan proses pencetakan yang kemudian dibakar pada suhu tinggi hingga mengeras, dan menimbulkan warna merah. Jika setiap tahap produksi bata merah berjalan maksimal, maka bata merah yang dihasilkan benar-benar berkualitas tinggi, yakni kuat, kokoh, tak mudah retak serta warna merah yang mencolok.

bata merah
www.alparsa.co.id

Sementara itu, bata hebel terdiri dari dua jenis, yakni Autoclaved Aerated Concrete (AAC) yang proses produksinya dilakukan menggunakan bahan utama berupa semen, pasir kwarsa, kapur, gypsum, air, dan pasta alumunium. Dan Cellular Lightweight Concrete (CLC) menggunakan bahan utama yang sedikit lebih kompleks dibandingkan material bata merah. Bata hebel CLC dibuat menggunakan bahan utama seperti pasir, semen, air, dan busa.

Jika dilihat dari proses pembuatannya, bata hebel seringkali diproduksi oleh pabrik berskala besar. Teknologi dan proses kimia nan canggih sangat dibutuhkan dalam pembuatan bata hebel. Ini alasan mengapa kualitas bata hebel begitu mumpuni. Terutama dari sisi kekuatan dan keawetannya.

bata ringan (hebel)
www.alparsa.co.id

Dalam proses produksinya, bata hebel juga menggunakan bahan pengikat berupa semen yang memiliki kekuatan lebih tinggi ketimbang tanah liat pada bata merah. Alhasil, kekuatan bata hebel jauh lebih unggul. Terlebih lagi, material bata hebel ini pun menggunakan campuran bahan yang sama seperti bahan pembuatan beton, sehingga memenuhi standar untuk pembuatan bangunan tahan gempa.

Pada sejumlah tes yang dilakukan, dibanding bata merah, kekuatan bata hebel bisa dibilang dua kali lipat lebih baik. Material bata merah hanya memiliki kemampuan untuk menahan beban sekitar 25 kilogram per sentimeter persegi. Sementara, bata hebel dapat menahan beban mencapai 40 kilogram per sentimeter persegi. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa bata hebel memiliki kekuatan dua kali lebih baik ketimbang bata merah.

Penggunaan Bata Merah dan Bata Hebel

Umumnya, bata merah dibuat oleh industri rumahan, sedangkan bata hebel diproduksi menggunakan teknologi yang lebih modern sehingga memengaruhi kerapian yang dihasilkan. Bata hebel mempunyai ukuran, bentuk, dan kualitas yang seragam agar memudahkan dalam mengaplikasikannya. Lain halnya dengan bata merah yang memiliki ukuran dan bentuk tidak seragam sehingga memerlukan plesteran tebal untuk menghasilkan dinding rata.

bata merah

Meskipun demikian, bata merah lebih mudah untuk dipasang karena tidak memerlukan keahlian khusus, sedangkan bata hebel lebih baik dipasang oleh ahli khusus agar hasilnya presisi. Selain itu, bata merah pun sangat cocok digunakan pada bidang bangunan yang kecil, sedangkan bata hebel lebih cocok digunakan pada bangunan yang terdiri dari beberapa lantai, seperti perkantoran, hotel, apartemen, dll.

bata ringa/hebel

Harga Bata Merah dan Bata Hebel

Dari semua bagian rumah, batu bata paling umum digunakan sebagai material dinding. Ini bukan tanpa sebab, bagian dinding merupakan salah satu area yang paling luas pada sebuah rumah. Selain membutuhkan bahan bangunan berkualitas, faktor harga menjadi pertimbangan. Mengingat jika menggunakan material yang mahal, maka penggunaannya sebagai dinding cukup menguras anggaran.

bata ringan atau bata merah

Bata merah pun hadir menjadi solusi. Sejak dahulu kala, bata merah lazim digunakan pada bangunan untuk bagian dinding. Melihat bata merah masih digunakan hingga sekarang, artinya kualitas bata merah memang mumpuni. Tak lekang oleh waktu. Sangat mudah ditemukan hampir semua toko material, bata merah dijual dengan harga yang cukup terjangkau sehingga sangat cocok digunakan oleh kamu yang memiliki anggaran terbatas.

Lain halnya dengan bata hebel yang ketersediaannya saat ini masih cukup jarang dijual dengan harga yang lebih mahal daripada bata merah. Secara kualitas lebih baik, dilengkapi dengan ukuran yang lebih besar, maka bata hebel memiliki harga yang lebih tinggi dari bata merah. Harga bata hebel bisa jadi lebih murah atau lebih mahal. Ini tergantung pada spesifikasi bata hebel, kualitas, ukuran, serta tempat di mana Anda membelinya.

Melalui ulasan di atas mengenai perbedaan bata merah dan bata hebel, terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mulai dari kekuatan, harga, hingga ukuran yang mempengaruhi efisiensi saat pemasangan. Sebelum memilih jenis batu bata, diharapkan Anda bisa menemukan material dinding terbaik yang disesuaikan dengan jenis bangunan,  finishing, dan anggaran yang dimiliki ya.

Temukan berbagai macam renovasi rumah dan bangun rumah dengan denah rumah desain 3D di Portofolio kami. {https://alparsa.co.id/kat-works/portofolio}. Dan bagi Anda yang sedang mencari jasa kontraktor pengecatan rumah, kantor, ruko, sekolah atau gedung lainnya untuk daerah Cikarang, Bekasi, Jakarta dan Karawang, temukan juga berbagai penawaran Jasa Pengecatan dari Kami disini {https://alparsa.co.id/produk-jasa/jasa-pengecatan}. Terimakasih.

Berita Lainnya

10
08/2021
4
01/2022
28
12/2021
Renovasi Rumah Subsidi Suropati Residence
Author : kokom komalawati
15
12/2021
7
12/2021
10
08/2021
Mengenal Apa Itu Walk in Closet
Author : Nur Aulia


Tinggalkan Komentar

Informasi Lebih lanjut? Silahkan Chat